Kamis, 14 Agustus 2008

penyuluhan

Penggolongan Masyarakat Tani Dalam Penyuluhan Pertanian

A. Tujuan
1. Untuk menganalisa penggolongan masyarakat yang ada diwilayahnya
2. Untuk menganalisa peran para tokoh masyarakat didaerahnya

B. Dasar Teori
Dalam masyarakat secara umum telah terjadi penggolongan atau klasifikasi yang menggambarkan keadaan atas dasar penggolongan tersebut. Penggolongan dapat atas dasar faktor ekonomi, pendidikan, pekerjaan dan sebagainya. Hal ini terjadi secara perlahan tetapi terus bergilir sehingga akan melahirkan tokoh masyarakat.
Dibidang pertanian berkaitan dengan kegiatan inovasi teknologi, masyarakat digolongkan kedalam:
1. Inovator, yaitu gologan orang-orang yang lebih dahulu mencari informasi teknologi dibandingkan masyarakat lainnya. Orang pada golongan ini lebih dahulu mencoba dari materi yang diperoleh walaupun secara resmi atau secara umum belum disosialisasikan. Mereka biasanya modal yang cukup, lahan yang luas, pendidikan yang tinggi, berani menanggung resiko.
2. Penerap dini, yaitu golongan orang-orang yang lebih cepat dalam menyambut inovasi teknologi. Mereka cepat berhubungan dengan sumber teknologi, para penyuluh dan lembaga lain.
3. Penerap awal, yaitu golongan orang-orang yang umum. Mereka akan menerina adanya inovasi baru bila nyata-nyata telah memberikan hasil yang menguntungkan. Penerapan dilakukan bila sudah ada bukti yang nyata dan belum melakukan penerapan karena takut akan resiko kegagalan.
4. Penerapan akhir, yaitu golongan orang-orang yang selalu ada dibelakang. Mereka mau menerapkan pada bagian akhir karena melihat dahulu tentang penerapan pada umumnya.
5. Penolak, yaitu golongan orang-orang yang selalu menolak adanya inovasi baru, takut terhadap perubahan, menganggap selama ini dilakukan adalah yang paling benar.

C. Langkah Kerja
1. Setiap mahasiswa melakukan perencanaan didaerah asalnya dalam lingkup satu kampung/RT atau RW tentang golongan yang ada dimasyarakat tersebut.
2. Uraikan dasar penggolongan yang ada didaerah tersebut (ekonomi, pendidikan, peranan, dll).
3. Uraikan penggolongan tersebut kaitannya dengan masuknya inovasi teknologi.
4. Tulislah hasil anallisis tersebut dalam bentuk laporan.

D. Hasil :
Pada umumnya setiap tempat atau kampong memiliki golongan yang tak berbeda hanya sedikit saja yang berbeda. Seperti pada daerah Sumatra, dalam kehidupan bermasyarakat atau petani tepatnya. Penggolongan yang ada disana sebagai berikut:
1. Inovator, yaitu gologan orang-orang yang lebih dahulu mencari informasi teknologi dibandingkan masyarakat lainnya. Pada golongan ini lebih dahulu mencoba dari materi yang diperoleh walaupun secara resmi atau secara umum belum disosialisasikan. Mereka biasanya modal yang cukup, lahan yang luas, pendidikan yang tinggi, berani menanggung resiko.
2. Penolak, yaitu golongan orang-orang yang selalu menolak adanya inovasi baru, takut terhadap perubahan, menganggap selama ini dilakukan adalah yang paling benar.
3. Penerima, yaitu golongan orang-orang yang dapat menerima adanya inovasi baru, sebab kemungkinan dapat merubah nasip mereka.
4. Kesadaran, yaitu golongan orang-orang yang dapat mengerti tentang keadaan sekarang dan pertama kali mendengar tentang inovasi.
5. Berminat, yaitu golongan orang-orang yang ingin mencari informasi lebih lanjut atau oarng yang mencari informasi sebanyak-banyaknya.
6. Kreatif, yaitu golongan orang-orang yang dapat menerapkan/mengembangkan keterampilannya dalam bidang pertanian.
7. Dan lain sebagainya.

E. Pembahasan
Dari hasil diatas tentang penggolongan yang ada di masyarakat terutama masyarakat petani dapat diperjelas dan dibahas sebagai berikut:
1. Inovator, yaitu gologan orang-orang yang lebih dahulu mencari informasi teknologi dibandingkan masyarakat lainnya. Golongan ini lebih dahulu mencoba dari materi yang diperoleh walaupun secara resmi atau secara umum belum disosialisasikan. Mereka biasanya mempunyai modal yang cukup, lahan yang luas, pendidikan yang tinggi, berani menanggung resiko. Disamping itu mereka dapat mencari informasi lewat majalah, Koran, televisi dan lain sebagainya. Dapat juga dikatakan petani yang kaya sebab tercukupnya modal/modal yang besar, maka sebelum petani yang lain memiliki alat alat pertanian yang moderen ia sudah duluan.
2. Penolak, yaitu golongan orang-orang yang selalu menolak adanya inovasi baru, takut terhadap perubahan, menganggap selama ini dilakukan adalah yang paling benar dan tidak percaya tentang adanya pengarahan yang diberikan oleh penyuluh pertanian menganggap dirinya benar dan merasa kehidupannya sudah tercukupi. Dapat juga dikatakan orang yang keras kepala dan pada umumnya orang yang sudah tua yang bersifat begini, sebab mereka beranggapan merekalah yang banyak berpengalaman.
3. Penerima, yaitu golongan orang-orang yang dapat menerima adanya inovasi baru, sebab kemungkinan dapat merubah nasip mereka, dari kalangan orang-orang yang miskin dan kurangnya modal serta pengetahuan yang mereka miliki. Mereka beranggapan agar mendapat bantuan yang selayaknya untuk memenuhi peralatan pertanian mereka.
4. Kesadaran, yaitu golongan orang-orang yang dapat mengerti tentang keadaan sekarang dan pertama kali mendengar tentang inovasi baru dalam dunia pertanian dan ia pun menjadi sadar tentang keadaan sekarang, apakah itu dari perubahan zaman atau yang lain-lainnya. Mereka juga sadar tentang kehidupannya yang sekarang ini sebab mereka beranggapan dengan adanya kesadaran kehidupan mereka akan berubah walaupun itu hanya sedikit berubahnya mereka akan terima.
5. Berminat, yaitu golongan orang-orang yang ingin mencari informasi lebih lanjut atau oarng yang mencari informasi sebanyak-banyaknya. Dapat juga dikatakan orang yang berkeinginan yang sangat besar dan ingin berubah kehidupannya yang sekarang ini sangat tidak mendukung juga bisa dikatakan dengan adanya perubahan zaman yang ada saat sekarang ini dan ia pun berniat ingin merubah juga.
6. Kreatif, yaitu golongan orang-orang yang dapat menerapkan/mengembangkan keterampilannya dalam bidang pertanian. Dapat juga dikatakan orang yang berseni, rajin dan sebagainya, umumnya oarng yang kreatif adalah orang yang mau melakukan apapun yang ada dan tak kenal istirahat. Seperti orang-orang yang sudah tua karena orang dahulu masih mengikiti keadaan yang ada pada zaman dahulu. Mereka berbuat seperti itu karena mereka kurangnya modal atau uang yang mereka miliki.
7. Dan lain sebagainya atau masih banyak lagi yang belum terjelaskan.
F. Kesimpulan
Inovator, yaitu gologan orang-orang yang lebih dahulu mencari informasi teknologi dibandingkan masyarakat lainnya
Penolak, yaitu golongan orang-orang yang selalu menolak adanya inovasi baru, takut terhadap perubahan
Penerima, yaitu golongan orang-orang yang dapat menerima adanya inovasi baru
Kesadaran, yaitu golongan orang-orang yang dapat mengerti tentang keadaan sekarang dan pertama kali mendengar tentang inovasi baru
Berminat, yaitu golongan orang-orang yang ingin mencari informasi lebih lanjut atau oarng yang mencari informasi sebanyak-banyaknya.
Kreatif, yaitu golongan orang-orang yang dapat menerapkan/mengembangkan keterampilannya




DAFTAR PUSTAKA

Van Den Ban dan Hawkins, 1999. Penyuluhan Pertanian. Kanisius, Yogyakarta.

Warno Utomo Sojono dan Adlan , 2006. Dasar-Dasar Penyuluhan Pertanian. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Magelang, Yogyakarta.

Mahardikanto Totok, 1993. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. University Press, Surakarta.

Marzuki Syamsiah, 1999. Dasar-Dasar Penyuluhan Pertanian. Universitas Terbuka, Jakarta

Wirlaatmadja Soekandar, 1977. Pokok-Pokok Penyuluhan Pertanian. Yasaguna, Jakarta

Tidak ada komentar: